buku kosa kata bahasa arab kelas 7 MTs al hidayah surusunda
اَلْمُفْرَدَاتُ |
اَلنَّمْرَةُ |
||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
اَلْمُفْرَدَاتُ |
اَلنَّمْرَةُ |
||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
اَلْمُفْرَدَاتُ |
اَلنَّمْرَةُ |
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
اَلْمُفْرَدَاتُ |
اَلنَّمْرَةُ |
||||||||||||||||||||||||
|
|
||||||||||||||||||||||||
|
|
اَلْمُفْرَدَاتُ |
اَلنَّمْرَةُ |
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
اَلْمُفْرَدَاتُ |
اَلنَّمْرَةُ |
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
اَلْمُفْرَدَاتُ |
اَلنَّمْرَةُ |
||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
اَلْمُفْرَدَاتُ |
اَلنَّمْرَةُ |
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
اَلْمُفْرَدَاتُ |
اَلنَّمْرَةُ |
||||||||||||||||||||||||||
|
|
||||||||||||||||||||||||||
|
|
اَلْمُفْرَدَاتُ |
اَلنَّمْرَةُ |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
اَلْمُفْرَدَاتُ |
اَلنَّمْرَةُ |
|||||||||||||||||||||||||||
|
|
|||||||||||||||||||||||||||
|
|
اَلْمُفْرَدَاتُ |
اَلنَّمْرَةُ |
||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
اَلْمُفْرَدَاتُ |
اَلنَّمْرَةُ |
||||||||||||||||||||
|
|
||||||||||||||||||||
|
|
اَلْمُفْرَدَاتُ |
اَلنَّمْرَةُ |
||||||||||||||||||||||
|
|
BAB I : TATA BAHASA ( اَلتَّرْكِيْبُ)
اِسْمُ الضَّمِيْرِ لِلْمُفْرَدِ : I. KATA GANTI TUNGGAL
|
اِسْمُ الضَّمِيْرِ لِلْمُفْرَدِ : Kata Ganti Tunggal |
|
١. أنَا : Saya ٢. أنتَ : Kamu ( laki-laki ) ٣. أنتِ : (Kamu ( perempuan |
٤. هُوَ : Dia ( laki-laki ) ٥. هِيَ : Dia (perempuan) ٦. نَحْنُ : Kami / Kita |
- Kata أنَا( saya ) adalah kata ganti orang pertama tunggal yang digunakan untuk laki-laki (مُذَكَّر) dan perempuan ( مُؤَنَّث )
- Kata أنْتَ ( kamu laki-laki ) adalah kata ganti orang ke dua tunggal untuk ( laki-laki )
- Kata أَنْتِ ( kamu perempuan) adalah kata ganti orang ke dua tunggal untuk ( perempuan )
- Kata هُوَ ( dia laki-laki ) adalah kata ganti orang ke tiga tunggal untuk ( laki-laki )
Kata هِيَ ( dia perempuan ) adalah kata ganti orang ke tiga tunggal untuk (perempuan
** Isim Dhamir / kata ganti di atas, dapat dipahami secara utuh bila digabung dengan kata yang lain. misalnya dengan isim alam ( nama orang ) .
Contoh :
مُؤَ نَّثٌ |
|
مُذَ كَّرٌ |
||
اِسْمُ عَلَمٍ |
اِسْمُ ضَمِيْرٍ |
|
اِسْمُ عَلَمٍ |
اِسْمُ ضَمِيْرٍ |
آمِنَةٌ زَيْنَبٌ تِلْمِيْذَةٌ أسْتَاذَةٌ |
أ نَا أ نتِ هِيَ |
|
أحْمَدٌ إبْرَاهِيْمٌ تِلْمِيْذٌ أسْتَاذَ |
أ نَا أنْتَ هُوَ |
1. Untuk menanyakan nama seseorang dapat menggunakan :
a. مَنْ أنْتَ ؟ , bila jenisnya laki-laki
b. مَنْ أنْتِ ؟ , bila jenisnya perempuan
Contoh :
مَنْ أنْتَ ؟ |
أ نَا أحْمَدٌ أ نَا إبْرَا هِيْمٌ |
اَلْمِثاَل : (١)
مُذَكَر
مَنْ أنْتِ ؟ |
أنَا آ مِنَةٌ أ نَا زَيْنَبٌ |
(٢)
مُؤَنَّثٌ :
2. Untuk menanyakan daerah asal / tempat tinggal kalian dapat menggunakan
a. مِنْ أيْنَ أَنْتَ ؟ , bila jenisnya laki-laki
b. مِنْ أيْنَ أَنْتِ ؟ , bila jenisnya perempuan
مِنْ أيْنَ أنْتَ ؟
|
أنَا مِنْ مَدِيْنَةِ جَاكَرْتَا أنَا مِنْ قَرْيَةِ سُوْكاَتَانِى أ نَامِنْ سُوْرَابَايَا |
اَلمْثاَل : (١)
مُذَكَّرٌ
مِنْ أيْنَ أنْتِ ؟
|
أنَا مِنْ مَدِيْنَةِ جَاكَرْتَا أنَا مِنْ قَرْيَةِ سُوْكاَتَانِى أ نَامِنْ سُوْرَابَايَا |
(٢) مُؤَنَّثٌ
Perhatikan “ Arah Mata Angin “ dalam bahasa Arab !
- Bagan berikut ini menunjukkan arah mata angin dalam bahasa Arab . Untuk itu perlu kalian
tahu penyebutan arah mata angin bila digabungkan dengan nama daerah.
- Ingat …..! selain kata “ وُ سْطَى“ ( Tengah ) dalam penyebutan arah mata angin ditambah dengan : يّة
– Barat : غَرْبِيَّة
– Tenggara : شَرْقِيَّة
– Utara : شمَاَلِيَّة
– Selatan : جَنُوْ بِيَّة
– Tengah : وسطى
–
– ١. شما ل + ية = شمَاَ لِيَّةٌ
– مثا ل : سُوْ مَطر ا الشَّمَا لِيَّةِ
– ٢. جنو ب + ية = جَنُوْ بِيَّةٌ
– مثال : سومطْرَااْلجَنُوْ بِيَّةِ
– ٣. غرب + يّة = غر بيّة
– مثال : جَاوَى اْلغَرْ بِيَّةِ
– ٤. شر ق + يّة = شر قيّة
– مثا ل : جَاوَى الشَّرْ قِيَّةِ
– ٥. جَاوَى اْلوُسْطَى
– اِسْمُ اْلإ شَارَةِ لِلْمُفْرَدِ : TUNJUK TUNGGALII. KATA
اِسْمُ اْلإ شَارَةِ لِلْمُفْرَدِ : Kata Tunjuk Tunggal |
|
||
|
١. هَذَا : (Laki-Laki)Ini ٢. هَذِهِ :)Ini ( perempuan |
٣. ذَ لِكَ : Itu (Laki-laki) ٤. تِلْكَ : Itu (Perempuan) |
|
|
1. Kata tunjuk / isim isyarah dalam bahasa Arab ada 4 ( empat ) yaitu :
a. هَذَا dan هَذِهِ : digunakan untuk kata tunjuk jarak dekat
b. ذَ لِكَdan تِلْكَ : digunakan untuk kata tunjuk jarak jauh
c. هَذَا dan ذَ لِكَ : digunakan untuk menunjuk jenis laki-laki
- هَذِهِ dan تِلْكَ : digunakan untuk menunjuk jenis perempuan, diantara salah satu tanda,Perempuan adalah “TAK MARBUTHAH” (ة ) yang berada diakhir kata
Contoh :
مُؤَنَّثٌ |
|
مُذَكَّرٌ |
|||
اِسْمُ عَلَمٍ |
اِسْمُ اْلإشَارَةِ |
اِسْمُ عَلَمٍ |
اِسْمُ اْلإشَا رَةِ |
||
أحْمَد حَسَنٌ تِلْمِيْذٌ أسْتَاذٌ |
هَذَا |
||||
آ مِنَةٌ عَائِشَةٌ تِلْمِيْذَةٌ أسْتَاذَةٌ |
هَذِهِ |
||||
تِلْكَ |
ذَ لِكَ |
|
– Perbedaan antara هَذَا dan هَذِهِ serta ذَ لِكَ dan تِلْكَtelah kalian ketahui dengan
jelas, sekarang temukan perbedaan تِلْكَ – ذَ لِكَ – هَذِهِ – هَذَا dengan هُوَ dan هِيَ!
اِسْمُ عَلَم |
اِسْمُ اْلإشَا رَةِ |
اِسْمُ عَلَمٍ |
اِسْمُ اْلإشَا رَةِ |
تِلْمِيْذٌ أسْتَاذٌ |
هُوَ |
أحْمَد حَسَنٌ |
هَذَا
|
تِلْمِيْذَةٌ أسْتَاذَةٌ |
هِيَ |
آ مِنَةٌ عَائِشَة |
هَذِهِ |
Sekarang , untuk lebih mengasah kemampuan penguasaan bahasa Arab kalian ,
perhatikan bentuk pertanyaan dengan kata “ هَلْ “ berikut :
نَعَمْ ، أنَا تِلْمِيْذٌ |
هَلْ أنْتَ تِلْمِيْذٌ ؟ |
لاَ ، أنَا أسْتَاذٌ |
|
نَعَمْ ، أنَا تِلْمِيْذَ ةٌ |
هَلْ أنْتِ تِلْمِيْذَ ةٌ ؟ |
لاَ ، أنَا أسْتَاذَ ةٌ |
Setiap kata tanya yang menggunakan “هَلْ“ maka harus dijawab dijawab dengan : “ نَعَمْ“ ( ya ) bila pertanyaan itu benar / sesuai, dan dijawab “ لا “ ( tidak ) bila pertanyaan itu salah / tidak sesuai .
BAB : 2 TATA BAHASA ( اَلتَّرْكِيْبُ )
|
Mubtada adalah Isim atau kata benda yang letaknya di awal kalimat berfungsi sebagai Subjek.
Khobar adalah Isim atau kata benda yang letaknya di akhir kalimat berfungsi sebagai Predikat/penyempurna kalimat.
Contoh :
خَبَر |
مُبْتَدَأ |
عَلَى الْمَكْتَبِ |
١. اَلْكِتَابُ |
بِجَانِبِ الْمَسْجِدِ |
٢. الْفُصُوْلُ |
أَبْيَضُ |
٣. اَلْمَسْجِدُ |
كَبِيْرَةٌ |
٤. اَلْمَدْرَسَةُ |
جَمِيْلَةٌ |
٥. اَلْحَدِيْقَةُ |
BAB 3 : TATA BAHASA ( اَلتَّرْكِيْبُ )
خَبَر مُقَدَّم + مُبْتَدَأ مُؤَخَّر
مُبْتَدَأ مُؤَخَّر |
خَبَر مُقَدَّم (حَرْفُ الْجَرّ) |
غُرَف |
فِى الْبَيْتِ |
مِنْضَدَة |
فِى غُرْفَةِ الْجُلُوْسِ |
زَهْرِيَّة |
عَلَى الْمِنْضَدَةِ |
كُُتُبٌ |
لِلطَّالِبِ |
سَاعَةٌ |
عَلَى الْحَائِطِ |
مُبْتَدَأ مُؤَخَّر |
خَبَر مُقَدَّم (ظَرْفٌ) |
فِنَاءٌ |
اَمَامَ الْبَيْتِ |
حَمَّامٌ |
وَرَاءَ الْمَكْتَبَةِ |
مِصْبَاحٌ |
فَوْقَ الْمِنْضَدَةِ |
كُرْسِيٌ |
بِجِوَارِ الْمَكْتَبِ |
قَلَمٌ |
تَحْتَ الْكِتَابِ |
Pada bab. 2 kita telah mempelajari kaidah mubtada dan khabar. Pada bab ini kita mempelajari tentang mubtada muakhar dan khabar muqaddam.
Mubtada muakhar ialah mubtada yang jatuh setelah khabar atau di dahului khabarnya. Sedang khabar muqaddam ialah khabar yang jatuh sebelum mubtada atau mendahulukan mubtada
- Penggunaan kata tanya ماذا, من dan لمن
وَرَاءَ اْلبَيْتِ حَدِيْقَةٌ اَمَامَ الْمَدْرَسَةِ سَاحَةٌ |
وَرَاءَ الْبَيْتِ ؟ اَمَامَ الْمَدْرَسَةِ؟ |
مَاذَا |
فِى غُرْفَةِ الْجُلُوْسِ اَحْمَدُ فِى الْمَكْتَبَةِ مُوَظَّفٌ |
فِى غُرْفَةِ الْجُلُوْسِ؟ فِى الْمَكْتَبَةِ؟ |
مَنْ |
هَذَا الْبَيْتُ لِعَمِّي ذَلِكَ الْقَلَمُ لِعَائِشَةَ |
هَذَا الْبَيْتِ ذَلِكَ الْقَلَمِ |
لِمَنْ |
- Penggunaan kata sifat (نعت)
نَعْتٌ |
مُبْتَدَأٌ مُؤَخَّرٌ |
خَبَرٌ مُقَدَّمٌ |
جَمِيْلَةٌ |
زَهْرِيَّةٌ |
عَلَى الْمِنْضَدَةِ |
وَاسِعٌ |
فِنَاءٌ |
اَمَامَ الْبَيْتِ |
كَثِيْرَةٌ |
كُتُبٌ |
عِنْدِيْ |
Sifat (نَعْتٌ) harus sesuai dengan kata yang disifati (مَنْعُوْتٌ) dalam hal mudzakkar dan muannats. Kata benda yang tidak berakal dianggap seperti mufrad muannats (مُفْرَدٌ مُؤَنَّثٌ)
BAB 4 : TATA BAHASA (اَلتَّرْكِيْبُ )
MUBTADA DAN KHOBAR dengan (fi’il mudhari’/فعل مضارع مفرد).
Fi’il mudhari adalah kata kerja yang menunjukkan waktu sedang atau akan dan kebiasaan
Fi’il mudhari mufrad adalah fi’il mudhari dengan fa’il (pelaku) dhamir mufrad (tunggal) seperti : أنا , أنتَ , أنتِ , هو , هي
مبتدأ + فعل مضارع |
Arti |
أنا أذْهَبُ أنتَ تَـجْلِسُ أنتِ تَـقْرَئِين حميد(هو)يـَقْرَأُ فاطمة(هي)تـَدْرُسُ |
Saya sedang pergi
Kamu (lk) sedang duduk
Kamu(pr)sedang membaca
Hamid sedang membaca
Fatimah sedang belajar |
Perhatikan perubahan fi’il mudhari sesuai dhamirnya!
نحن |
هي (فاطمة) |
هو (احمد) |
أنتِ |
أنتَ |
أنا |
نـذهب |
تـذهب |
يـذهب |
تـذهبـين |
تـذهب |
اذهب |
نـدرس |
تـدرس |
يـدرس |
تـدرسـين |
تـدرس |
ادرس |
نـقرأ |
تـقرأ |
يـقرأ |
تـقرئـين |
تـقرأ |
اقرأ |
BAB 5 : TATA BAHASA (اَلتَّرْكِيْبُ )
اَلاَرْقَام : NOMOR
0 – 10 |
0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
صِفْرٌ وَاحِدٌ اِثْنَانِ ثَلاَثَةٌ اَرْبَعَةٌ خَمْسَةٌ سِتَّةٌ سَبْعَةٌ ثَمَانِيَّةٌ تِسْعَةٌ عَشْرَةٌ
11 – 19
11 . أَحَدَ عَشَرَ 12. اِثْنَا عَشَرَ 13. ثَلاَثَةَ عَشَرَ 14. أربعة عَشَرَ 15. خمسة عشر
16. ستة عشر 17. سبعة عشر 18. ثمانية عشر 19 . تِسْعَةَ عشر
20 -90
20. عِشْرُوْنَ 30. ثَلاَثُوْنَ 40. أرْبَعُوْنَ 50. خَمْسُوْنَ 60. سِتُّوْنَ
70. سَبْعُوْنَ 80. ثَمَانُوْنَ 90. تِسْعُوْنَ
21 – 100
2 .وَاحِدٌ وَعِشْرُوْنَ 22. اِثْنَانِ وَعِشْرُوْنَ 23. ثَلاَثَةٌ وَعِشْرُوْنَ
31. وَاحِدٌ وَثَلاَثُوْنَ 99. تِسْعَةٌ وَتِسْعُوْنَ 100. مِائَةٌ
Syukron akhi sangat menbantu🙏
LikeLike
SAMA SAMA USTDZAH
LikeLike